Friday 26 November 2010

Pilih helm yang mana ya? Full-Face, Half-Face, atau Cetok?

Pengendara motor atau bikers pasti sudah tidak asing dengan yang namanya helm.
Ketika berkendara menggunakan motor, helm wajib untuk digunakan. Apakah itu helm full-face, half-face, helm cetok (tidak dianjurkan). Tapi ada juga yang naek motor gak pake helm (aduh2).

Pengertian Helm
Helm (dari bahasa Belanda : Helm) adalah bentuk perlindungan tubuh yang dikenakan di kepala dan biasanya dibuat dari metal atau bahan keras lainnya seperti kevlar, serat resin, atau plastik. Helm terdiri dari tiga lapisan :
  1. Lapisan luar yang keras (hard outer shell)
  2. Lapisan dalam yang tebal (inside shell or liner)
  3. Lapisan dalam yang lunak (comfort padding)




Penjelasan mengenai tipe-tipe helm.
  1. Helm Full-face –> adalah helm yang menutupi tempurung kepala, bagian belakang kepala dan bagian dagu (chin guard). Paling mantep nih helm dari segi safetynya.
  2. Helm Half-face –> adalah helm yang menutupi bagian tempurung kepala dan bagian belakang kepala, tanpa chin guard. Memenuhi standar keselamatan, tapi gradenya masih dibawah full face.
  3. Helm cetok –> adalah helm yang menutupi bagian tempurung kepala saja (telinga terlihat). Paling buruk dalam safetynya. Hanya melindungi bagian tempurung kepala aja.
Nah, sekarang pilih helm yang mana ya? Full face, half face, atau cetok?
Yang jelas ada beberapa poin penting dalam memilih helm.
  1. Safety First.
    Ini yang paling penting. Jangan sampai kita salah kaprah dalam menggunakan helm. Kalau kita mementingkan keselamatan, pasti kita memilih helm bukan karena khawatir kena tilang polisi atau kena razia. Intinya tidak hanya terpaku pada aturan. Jangan pula pake helm yang murahan. Asal murah terus ada logo SNI-nya langsung diembat.

  2. Kenyamanan Helm.
    Pilihlah helm yang nyaman apabila digunakan. Gak semua orang nyaman menggunakan helm full-face, dan gak semua orang nyaman menggunakan helm half-face.Kalo memilih helm itu disesuaikan ama :
    1. Kantong (perlu.. karna variasi harga helm yg banyak)
    2. Kebutuhan (keseharian brader apa?? nah ini patut dipertimbangkan)
    3. ukuran kepala (L,XL,XXL helm yg terlalu kecil bisa bikin pingsan, kebesaran bikin gag nyaman)
    4. Beban helm (supaya leher ngga cepet cape)
  3. Pilih juga sesuai dengan cara berkendara anda.
    Kalo yang seneng sama balap motor kayak MotoGP atau SBK seperti saya, pasti memilih helm full-face dengan desain yang yahud atau mungkin helm replika pembalap idolanya, dengan catatan jangan kebut-kebutan di jalan raya ya. Kalo yang half-face biasanya yang pakeorang yang simpel. Kan helm half-face lebih mudah dipakai dan dibuka bila dibandingkan dengan helm full-face.
  4. Jangan pake helm cetok.
    Tidak dianjurkan untuk menggunakan helm cetok karena tidak memenuhi standar keselamatan.
Source: www.indowebster.web.id

No comments:

Post a Comment